Selasa, 09 Februari 2016

Fakta-fakta menarik seputar kumbang

Coleoptera /koʊliːˈɒptərə/ adalah salah satu ordo serangga yang lazim dikenal dengan nama kumbang. Kata "coleoptera" berasal dari bahasa Yunani κολεός, koleos, dan πτερόν, pteron, yang jika keduanya disatukan berarti "sayap berlapis", karena sebagian besar kumbang memiliki dua pasang sayap. Pasangan sayap yang berada di depan disebut "elytra". Pasangan sayap ini mengeras dan menebal yang dapat melindungi pasangan sayap di belakangnya dan juga melindungi bagian belakang tubuh kumbang. Adanya elytra ini menyebabkan beberapa pihak yang kurang memahami konsistensi morfologi kumbang berpendapat bahwa pengelompokan Coleoptera bersifat monofiletik, tetapi bukti yang berkembang menunjukkan bahwa pendapat ini tidak dapat dibenarkan.

Saat ini kita ingin membahas salah satu jenis kumbang yang menarik untuk disimak, yaitu kumbang kotoran. Kumbang kotoran mempunyai beberapa fakta menarik untuk disimak, sebagai berikut:

1.  Kumbang kotoran tidak makan atau minum apa pun kecuali feses atau kotoran yang menyediakan semua nutrisi yang mereka butuhkan.
2. Sebagian besar kumbang ini lebih memilih memakan kotoran hewan herbivora dan sangat sedikit spesies yang memakan kotoran hewan karnivora.
3. Kumbang kotoran memiliki kemampuan membawa beban 50 kali berat badan mereka sendiri sehingga menjadi salah satu spesies hewan terkuat di bumi.
4. Kumbang kotoran memiliki tempat yang penting dalam mitologi Mesir dimana mereka dianggap sebagai binatang suci.
5.  Kumbang kotoran memiliki peran penting menjaga keseimbangan ekosistem di bumi dengan bertindak sebagai pendaur ulang nutrisi alam.

http://uniqpost.com/wp-content/uploads/2013/01/kumbang.jpg

Wah ternyata kumbang berperan penting dalam menjaga ekosistem kita di bumi, Kita bisa belajar dari kumbang loh, walaupun kita seringkali merasa kecil dan rendah diri, sesungguhnya kontribusi yang kita berikan dalam komunitas atau kehidupan sosial kita mempunyai peranan yang penting juga, jadi jangan pernah menganggap diri kita kecil lagi ya guys.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar